11 Algoritma Google dan Penjelasannya

11 Algoritma Google dan Penjelasannya | Find4something - Halo sobat find4something sudah sekitar setahun yg lalu terakhir kalinya saya memposting artikel. pada kesempatan kali ini saya akan membahas tentang 11 algoritma google apa itu algoritma google? langsung saja kita bahas satu per satu dibawah.

Seperti yang kita ketahui, google merupakan mesin pencari terkemuka, terbaik dan paling banyak digunakan oleh para peselancar internet termasuk saya. Google juga selalu melakukan update Algoritma SEOnya untuk Blog dan situs Web. Sobat harus tau bahwa hampir setiap hari google secara terus - menerus memperbaharui dan memutahirkan SEO algoritmanya agar dapat mendeteksi dan menentukan begitu banyak blog atau website yang mana memiliki konten berkualitas atau tidak berkualitas, guna untuk ditampilkan dalam Search Engine Result Page atau biasa disingkat SERP dengan posisi yang tepat atau selayaknya.

11 Algoritma Google

Find4something telah mengumpulkan beberapa algoritma SEO google dari versi Lawas hingga versi sekarang algoritma pertama hingga terakhir dikeluarkan google.


11 Algoritma Google dan Penjelasannya

Google Panda (Tahun 2011)

pada urutan pertama dan pertama kali dikeluarkan oleh google ditempati oleh Google Panda yang dikeluarkan pada tahun 2011 Algoritma google panda ini diluncurkan oleh google untuk mengatasi Duplicate Content, web spam atau keyword yang Tumpuk atau digunakan berulang kali pada isi artikel.
Website atau Blog yang terdeteksi menggunakan Duplicate Content atau yang biasa kita sebut copy paste, web spam dan lain - lain akan dikenakan sanksi dan dihukum oleh google. Hukuman berupa Jatuhnya ranking dari website tersebut atau muncul pada halaman terakhir SERP. Hingga saat ini Algoritma Google Panda masih bagian inti dari google Algoritma Google Panda Sudah dikembangkan atau update versi terbarunya yang diberinama 24th Panda Refresh (22 Januari 2013) dan 25th Panda Refresh (14 Maret 2013).

Google Penguin (Tahun 2012)

pada urutan kedua ada Algoritma Google Penguin. Algoritma ini berfungsi mendeteksi Website atau Blog yang memiliki backlink tidak relevan sehingga terkesan Spam oleh google
hingga saat ini, Google Penguin juga masih menjadi bagian inti dari Google Algoritma seutuhnya sama halnya dengan Google Panda.
Perbedaan antara Google Panda dan Google Penguin adalah Google Penguin berkerja secara realtime namun tidak pada Google Panda.
Hampir lupa Google Penguin juga melakukan update besar pada tahun 2013 tepat satu tahun pertamanya setelah diluncurkan. Tepatnya pada tanggal 4 Oktober 2013.

Google Hummingbird (Tahun 2013)

Hummingbird merupakan salah satu Factor Rendah dan tingginya ranking website atau artikel dalam hasil pencarian atau SERP, hal tersebut berdasarkan pada kinerja Algoritma Hummingbird.
Tugas dari Hummingbird adalah mencari artikel berkualitas dan bernilai tinggi bukan artikel copas. Saat menemukan artikel dengan kualitas rendah, maka ranking artikel atau website tersebut akan turun/jatuh dalam hasil pencarian atau SERPs.
tapi, ketika menemukan artikel berkualitas maka artikel tersebut akan ditempatkan pada halaman pertama Hasil pencarian google sangat bermanfaat bukan? jika memang artikel sobat sangat berkualitas. faktanya, meski diluncurkan pada tahun 2013 lalu, Google Hummingbird masih dijadikan atau bagian inti dari algoritma Google, yang bertugas sebagai acuan utama Google dalam penempatan ranking suatu artikel atau website secara benar, akurat dan tepat. cara kerja Hummingbird adalah menemukan dan menampilkan suatu artikel di SERPs berdasarkan kueri (keyword) apa yang diketik oleh calon pembaca, istilah, sinonim, indeks dan kata-kata pengertian.

Google Pigeon (Tahun 2014)

Dipublikasikan pada tahun 2014, algoritma Google Pigeon memberikan dampak yang benar-benar-benar signifikan terhadap website atau artikel pada hasil pencarian Google. selain itu, algoritma Pigeon juga mengaitkan antara algoritma lokal dan algoritma utama milik Google. Satu-satunya metode yang dapat anda lakukan untuk menghadapi dan memecahkan algoritma Google Pigeon yaitu dengan mengaplikasikan teknik SEO On Page dan Off Page dengan benar, jitu, tepat sasaran dan ideal. Anda wajib menjaring banyak orang atau visitor dari Organic Traffic dan Social Media. Semuanya wajib nampak alami atau natural, tak boleh mengaplikasikan teknik negatif atau Blackhat
SEO.

Google Pirate (Tahun 2014)

Google Pirate sebetulnya mempunyai 2 versi, tahun 2012 dan tahun 2014. Riilnya, perbedaan antara 2 versi algoritma ini sangat signifikan. Fungsi Google Pirate mencari dan menemukan konten dan artikel yang bersifat melanggar Hak Cipta milik orang, baik pribadi ataupun kelompok. Google Pirate berkaitan erat dengan Google DMCA. saat suatu website atau artikel dilaporkan pada Google DMCA, maka algoritma Google Pirate yang akan menindak lanjuti untuk mempertimbangkan bagaimana efeknya, kerugian dan kerugian yang akan diberikan pada artikel atau website yang melanggar Copyright tersebut Ada berbagai kemungkinan yang diberikan oleh Google Pirate, diantaranya ranking artikel atau blog akan turun di SERPs, atau sakan dihapus oleh Google secara otomatis. Google Pirate masih aktif sampai saat ini dan masuk salah satu algoritma bagian inti dari Google.

MobileGeddon (Tahun 2015)

Merupakan algoritma Google yang paling berbahaya, ditakuti oleh para blogger dan website situs yang tidak memiliki fitur mobile pada theme yang digunakan dalam website, maka akan disingkirkan dari hasil pencarian dalam waktu singkat dasar dari terlahirnya algoritma yang satu ini adalah banyaknya pengunjung yang berselancar dan melakukan search digoogle search menggunakan smartphone dengan persentase 70% sedangkan yang menggunkan desktop hanya sekitar 30%.

seperti yang kita tau bahwa google merupakan mesin percari terkemuka dan search engine yang paling sering digunakan hingga saat ini. maka semua permintaannya harus dituruti para blogger hahahah, ayo yang belum mobile friendly cepetan ganti template.

Google RankBrain

Algoritma Google Rankbrain adalah salah satu bagian inti dari algoritma Hummingbird. Kurangnya kueri spesifik atau relevan yang ada di dalam artikel, membuat konten tersebut terdepak secara bebas pada laman SERPs. Singkatnya, algoritma Rankbrain memaksa anda untuk membuat konten yang benar-benar berkualitas, relevan dan detail. Faktanya, Rankbrain merupakan salah satu faktor tinggi dan rendahnya ranking suatu konten pada hasil pencarian penelusuran Google atau SERPs.

Google Possum (Tahun 2016)

Google Possum, merupakan algoritma yang membuat stress para pebisnis Online. diluncurkan pada tahun 2016 untuk meningkatkan daya saing di rana Bisnis Online. Algoritma ini bekerja dengan metode menampilkan bisnis Online sobat pada halaman utama mereka, -- berdasarkan kueri keyword yang masukan oleh calon pengunjung. Contohnya, saya bertempat tinggal di Medan atau Bandung. Saya mengetik kata kunci "Rumah Sakit" pada halaman Google, maka yang muncul adalah alamat RS yang berdekatan dengan lokasi saya saat itu. pendeknya, semakin dekat bisnis yang anda daftarkan pada My Google Bussiness dengan lokasi calon pengunjung, semakin berkemungkinan besar halaman bisnis Online anda muncul pada halaman utama Google.

Google Owl (Tahun 2017)

algoritma SEO Google yang jarang blogger ketahui. kenapa? Karena Google kurang fokus memberitakan algoritma ini. Google Owl sangat menakutkan karena dikerjakan langsung oleh manusia tidak mengandalkan Robot, Crawl dan/atau pun Googlebot. Google Owl algoritma Google bertugas dan berfungsi menangani, menandai, dan menghapus situs atau website yang diketahui melakukan Content Spamming. Content Spam yang dimaksud adalah artikel yang mengandung SARA, penghinaan, pembohongan publik, konten yang terkesan hate speech, dan artikel-artikel negatif lainnya. Juga, situs yang menggunakan teknik AutoBlog juga tidak luput dari Google Owl. Sebenarnya, Google Owl masih dalam proyek pengembangan yang sedang dilakukan oleh Google. Cara kerjanya sangat simple. Anda mencari artikel, lalu membuka artikel yang ingin dibaca, ternyata setelah anda baca terdapat unsur Hoax atau SARA, anda bisa melaporkannya langsung ke pihak Google. Cara melaporkan artikel tersebut pun sangat gampang. Nantinya, anda akan diperlihatkan kotak formulir berukuran kecil tepat dibagian bawah pada URL dari artikel tersebut (pada halaman SERPs), yang perlu anda lakukan saat itu adalah melaporkannya. Yang parahnya, proyek ini mengharuskan Google untuk mempekerjakan manusia untuk membantu analisa Spam Content. Anda harus berhati-hati.

Google Fred (Tahun 2017)

algoritma SEO Google yang jarang blogger ketahui.  kenapa? Karena Google kurang fokus memberitakan algoritma ini.
Google Owl sangat menakutkan karena dikerjakan langsung oleh manusia tidak mengandalkan Robot, Crawl dan/atau pun Googlebot.
Google Owl algoritma Google bertugas dan berfungsi menangani, menandai, dan menghapus situs atau website yang diketahui melakukan Content Spamming.
Content Spam yang dimaksud adalah artikel yang mengandung SARA, penghinaan, pembohongan publik, konten yang terkesan hate speech, dan artikel-artikel negatif lainnya.
Juga, situs yang menggunakan teknik AutoBlog juga tidak luput dari Google Owl.
Sebenarnya, Google Owl masih dalam proyek pengembangan yang sedang dilakukan oleh Google.
Cara kerjanya sangat simple. Anda mencari artikel, lalu membuka artikel yang ingin dibaca, ternyata setelah anda baca terdapat unsur Hoax atau SARA, anda bisa melaporkannya langsung ke pihak Google.
Cara melaporkan artikel tersebut pun sangat gampang. Nantinya, anda akan diperlihatkan kotak formulir berukuran kecil tepat dibagian bawah pada URL dari artikel tersebut (pada halaman SERPs), yang perlu anda lakukan saat itu adalah melaporkannya.
Yang parahnya, proyek ini mengharuskan Google untuk mempekerjakan manusia untuk membantu analisa Spam Content. Anda harus berhati-hati.

Google Hawk (Tahun 2017)

Masih di tahun yang sama, Google lagi-lagi meluncurkan algoritma Google terbaru mereka yang diberi nama Google Hawk.
Google Hawk adalah algoritma campuran dari Pigeon dan Possum. Hawk adalah algoritma inti Google.
Secara kasat mata, Hawk memang tidak berdampak pada situs atau website yang menggunakan topik biasa-biasa saja.
Namun, algoritma Google Hawk harus diwaspadai bagi pebisnis Online, -- dimana bisnis yang mereka miliki sudah terdaftar pada produk-produk Google seperti My Google Bussiness atau lainnya.
Cara mengantisipasi Google Hawk tentunya sangat mudah. Anda hanya perlu membaca penjelasan Pigeon dan Possum diatas dan menggabungkannya menjadi satu, silakan anda arti dan maknakan sendiri.
Kesimpulan

Google memang dikenal sebagai Search Engine yang paling sering memperbarui dan menambahkan algoritma terbaru guna meningkatkan efisiensi SEO alami dan natural.
Berawal dari lahirnya algoritma, lahirlah metode SEO (Search Engine Optimization).

SEO adalah perpaduan teknik, taktik dan strategi SEO ON Page dan OFF Page tanpa batas dengan mengandalkan nalar, wawasan dan pengetahuan yang luas terkait SEO, imajinasi yang tiada batas serta taktik dan strategi SEO yang terorganisir dengan sangat baik, -- SEO Killer Tips.
SEO bukan ilmu pasti karena Google terus memperbaharui algoritma yang mereka miliki.

Hari ini, situs anda pada posisi (Ranking) yang sangat memuaskan, namun esok harinya bisa terdepak ke halaman kedua, ketiga, dan seterusnya.
Algoritma-algoritma ini pada dasarnya memberikan, membuat atau menentukan peringkat (Ranking) suatu artikel atau website berdasarkan penilaian yang didapatkan oleh berbagai tipe algoritma tersebut.
Anda sebagai penulis online (Blogger), harus terus mengawasi dan mengikuti perkembangan serta mengikuti arahan algoritma Google sebagaimana fungsi dan kegunaannya.

3 Comments

  1. Nice Website,
    The Blogger of this Blog is active person, I appreciate their efforts


    Multi Recharge Software,
    dnd open sms

    BalasHapus
  2. Nama2nya banyak yg pakai nama hewan ya. Kalau penjelasannya saya harus baca pelan2 biar maksud. Seo menurut saya masih susah dipelajari 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya nda tau kenapa begitu kwkwkw,,, makasih sudah mampir

      Hapus