Blogspot atau wordpress?

Find4something | Blogspot atau wordpress? - Sobat find4something, adakalanya para newbie seperti saya ini sering kebingungan dalam memilah platform Blogspot atau Wordpress, nah saat ini kita akan membahas keunggulan dan kekurangan masing - masing platform ini sobat,, oke cikibrot.

Blogspot atau wordpress
Blogspot

1. Ribet dalam urusan SEO onpage.
  • Harus ngatur sendiri H1, H2, dst yang sampai sekarang belum saya pahami. Cara mengatasinya: cari template yang siap pakai. Gratisan banyak.
  • Daftar ke analytic, ngatur sendiri sitemap, dll
2. Lebih cepat indeks karena dia anaknya google. Gunakan semua fasilitas yg disediakan di blogspot. Krn baru blajar pakai G+, ini catatan saya seputar G+.
  • Penggunaan foto profil. Tiga akun percobaan: 1 dg foto jelas (manusia ), 1 pakai gambar nama blog (nama blog sy buat dlm jpeg), dan 1 tanpa foto. Artikel yg bertahan adalah yg menggunakan foto manusia jelas.
  • Yg cepat terindeks dan nangkring di page 1 adalah yg langsung digunakan dari blogspot. Wordpresssy juga sy tautkan ke G+ tapi blm ada yang di page 1.
3. Bisa menghapus blog temans kapanpun, bahkan tanpa pemberitahuan.

4. Mudah menganggap sesuatu sebagai "spam."
catatan yg sy amati jk menggunakan cepot: saat ini Google menandai sesuatu sbg spam jika melakukan aktifitas terlalu cepat. Misalnya mbuat blog atau posting dengan selisih waktu 5 menit misalnya. Solusinya ya pakai jeda saja. Klo lagi semangat nulis, sok aja nulis. Terus dijadwal sekitar 1 jam sekali. Jadi sehari bisa publish 24 artikel.
Tp sy ga tau klo yg custom domain. Pernah lihat 1 blog custom niche news terbidik, bukan news umum seperti detik/kompas. Tapi gada keterangan waktu di post-nya, jadi ga tau efeknya.

5. Kita lebih banyak 'berkomunikasi' dengan sistem/mesin Google daripada manusia. Krn urusan mereka byk tentu lebih memudahkan mereka. Sistem itu pakai algoritma. dan Algoritma dasar itu If.. Then.. Else...
If posting copas Then delete Else biarin. Ini versi seederhananya. Dan google bs nambahin parameter else if apapun.Termasuk komponen adwords.

Wordpress
1. Sangat mudah. Daftar, pasang template, langsung bisa posting.
  • Sitemap dan SEO template sudah diatur sm wp.com dan cepat terindeks juga sm gugel.
  • Laporan stat cukup lengkap. Kurangnya adalah jenis teknologi yg digunakan visitor (smartphone, desktop, dll) tidak ada. Tapi itu sdh cukup bagi sy yg newbie.
  • Ga perlu pusing nyari template versi mobile krn mereka punya fasilitas untuk mengubah template apapun yg user gunakan ke versi mobile. Di menu tampilan->mobile.
2. wp.com punya fitur "dashboard wordpress." Semua posting yg menggunakan mereka akan disebarkan ke sesama pengguna wp.com.
  • Ini bisa jadi sumber visitor.
  • Yang saya amati pada blog baru sy kasus pada terutma gambar kadang gambar saya di page 1 google image lewat fasilitas ini. Jadi sepertinya redirect: search engine - wp dashboard - blog. Sangat2 membantu untuk blog baru. CMIIW ya mastah.
3. Sangat taat dengan aturan Google, jadi hukum Google berlaku juga di wp.com.

4. Support system-nya jempol. Responsive. Mo tanya2, klik sj tombol "Howdy...." di kanan bawah. Ramah2 lagi. Hihihi. Pernah baca, katanya juga bs komunikasi pake bhs Indo dg mrk. Jd membantu temans yg jago bhs Indo. Sy blm pernah coba.

Selain itu, bs kirim "tiket". Rata-rata 3 jam kemudian dibalas. Sy pernah hampir 24 jam ga dibalas, trus langsung chat. Langsung dicek "tiket" saya, dan pastinya langsung dijawab. Lebih suka chat siang (WIB), krn ketemu dg org yg sama dan menurut sy lbh menguasai drpd petugas yg malam.

Monetize
Keduanya bisa digunakan untuk menghasilkan $$$.

Blogspot:
1. tanpa custom domain bs menghasilkan lwt Google Adsense (GA) setelah blog berusia 6 bulan.
2. atau bisa gunakan sumber iklan lainnya. ada byk.

Wordpress:
1. jk tdk custom domain, bs digunakan untuk program afiliasi dengan ketentuan berupa artikel. Dilarang berupa banner. Pernah lihat ada yg pakai banner tp sy yakin itu belum ketahuan sj.
2. jk custom domain, bs daftar wordads. Ini iklan berdasarkan impresi (Insya Alloh sy tulis cara daftarnya klo sdh luang). DAAAAN tdk bs menggunakan iklan dari pihak lain walaupun temans ambil paket mereka yg mahal sekalipun. Jadi harus puas dg bayaran dari wordads.
Semoga Bermanfaat :) 
Admin - Bryan Kapahang

Comments