Menggunakan Bantuan Navigasi GPS Di BlackBerry



GPS atau Global Positioning System punya fungsi yang penting. Dengan adanya GPS, anda bisa mengetahui posisi saat ini. Jika dibandingkan dengan peta dan kompas, maka bisa dibilang bahwa sistem ini sudah memberi  fungsi-fungsi yang dimiliki oleh peta dan kompas. 




GPS pada awalnya dipakai kalangan militer. Biasanya GPS ini dipakai oleh prajurit yang ada di medan-medan berat seperti hutan dan gunung. Untuk saat ini penggunaannya sudah meluas. GPS juga sudah digunakan untuk keperluan sipil dan bahkan bisa diakses dari BlackBerry.

Kegunaan dari aplikasi GPS pada smartphone akan terasa pada saat anda jalan-jalan di wilayah yang masih sangat asing. Dengan bantuan GPS, setidaknya peluang untuk tersesat bisa diminimalkan. Keuntungan dari aplikasi GPS smartphone dibandingkan GPS mobil adalah terletak pada sisi praktis dari penggunaan GPS. 

GPS mobil hanya berguna saat anda berkendara. Saat anda turun dari mobil, fungsi ini sudah tidak bisa dipakai. Sedangkan untuk aplikasi GPS smartphone seperti pada BlackBerry, mobilitas cukup bisa dijaga. Anda bisa memakai sistem navigasi BlackBerry saat berkendara maupun jalan kaki ke hutan sekalipun. Selama sinyal dan baterai BlackBerry masih menyala,  fungsi ini akan terus bekerja. Untuk mendapatkan dukungan fungsional yang maksimal, perlu untuk memiliki data peta GPS terbaru. Ini untuk meminimalkan kemungkinan tersesat gara-gara bentang alam maupun detail lokasi yang berubah. Selain itu, biasanya sebuah wilayah akan mendapat detail GPS secara bertahap. Secara umum biasanya GPS bekerja baik untuk di wilayah perkotaan. Sedangkan untuk wilayah yang terpencil mungkin harus menunggu peta update terbaru.  Untuk aplikasi GPS smartphone yang mendukung penelusuran lewat satelit, biasanya tampilan 3 dimensi dari lokasi bisa ditampilkan.

Contoh aplikasi GPS untuk BlackBerry cukup beragam:

BlackBerry Travel

Orang bisa menggunakan aplikasi BlackBerry Travel for BlackBerry 10 saat membuat rencana perjalanan, mengatur dan berbagi cerita soal tempat yang sedang dan akan dikunjungi. Aplikasi ini juga memungkinkan untuk menemukan hotel dan restoran terdekat. Dengan aplikasi ini juga bisa didapat peringatan awal saat pesawat ditunda keberangkatannya maupun dibatalkan.


Hotelsnapper

Untuk keperluan yang lebih khusus seperti mencari hotel, ada aplikasi Hotelsnapper Hotel Search yang bisa dipakai di BlackBerry. Aplikasi ini setidaknya terhubung dengan  HRS, Booking.com, Expedia, Hotel.de, Venere,  Logitravel dan masih banyak lagi. Dengan aplikasi ini, selain lokasi, bisa juga diuperoleh informasi soal tarif hotel.

Mireo DON’T PANIC

Untuk aplikasi premium offline turn by turn, Mireo DON’T PANIC adalah salah satu  pilihan yang bisa diambil. Jika masih ragu soal aplikasi ini, versi 7 hari trial gratis bisa dipilih. Dengan versi trial ini setidaknya aneka fitur yang ada dalam aplikasi ini bisa dicicipi. Untuk mengetesnya, aplikasi bisa dicoba untuk mencari rute jalan terbaik, menghindari kemacetan lalu lintas, dan mencari lokasi suatu tempat. Aplikasi ini diklaim sudah memiliki banyak peta termasuk untuk wilayah Asia Tenggara.  Secara efektif aplikasi ini berguna saat sedang ada di Indonesia, Singapura, Malaysia, Brunei Darussalam dan Filipina.

 

Nearest Place With GPS And Address Free

Jika ingin tahu bandara terdekat, lokasi ATM setempat maupun tempat-tempat lainnya di sekitar, aplikasi Nearest Place With GPS And Address Free bisa jadi pilihan. Karena aplikasi ini berfokus pada area di sekitar, sebaiknya menentukan radius dengan cermat. Radius yang rekomendasikan saat memakai aplikasi ini adalah 5000. Agar bisa lebih paham soal tempat tujuan, tampilan peta bisa disesuaikan menjadi peta jalan, gambar berdasarkan bentang alam maupun dengan citra satelit. Peta ini bisa di zoom in dan zoom out.

Apapun namanya dan jenis aplikasi navigasi yang akan dipasang di BlackBerry, penting untuk mengetahui mengenai jenis perangkat yang didukung, negara yang didukung dan juga sistem operasinya.  Misalnya untuk aplikasi BlackBerry Travel For BlackBerry 10 hanya bisa dipakai di BlackBerry Q10, Q5 dan Z10.  Aplikasi ini juga bisa dipakai selama berada di Indonesia.

Saya berharap informasi-informasi diatas dapat berguna bagi Anda pengguna BlackBerry.

Selamat mencoba dan silakan di klik suka (like) atau memberikan komentar Anda di kotak komentar yang tersedia. Saya ucapan terima kasih atas kunjungan, kritik atau sarannya.

Penulis: Nina Lia - http://ninokikira.wordpress.com


 

Comments