Konsep Dan Cara Kerja Proxy

Konsep Dan Cara Kerja Proxy | Find4something - Dalam lingkungan pekerjaan, pendidikkan, dll saat penggunaan internet benar-benar dibutuhkan oleh setiap user. Hal ini tentu menjadi suatu masalah administrator jaringan, karena administrator harus mengelola pemakaian jaringan tersebut agar optimal. Sebagai contoh admin harus mengelola dan monitoring pemakaian jaringan tersebut agar benar-benar efisien dan terbagi oleh semua user, membatasi konten-konten apa saja untuk diakses, menentukan siapa saja user yang bisa menggunakan fasilitas internet, dll.
Semua kendala tersebut harus diselesaikan oleh adminstrator agar jaringan bisa berjalan dengan baik. Nah masalahnya bagaimana caranya? :D , Sesuai judul artikel di atas tentang konsep dan cara kerja proxy, saya akan menjelaskan kegunaan dari proxy.

Proxy adalah sebuah komputer server yang digunakan sebagai perantara antara user dan internet. Untuk analoginya proxy sebagai perantara antara pihak pertama (user) dalam berhubungan dengan pihak kedua (internet), jadi pada saat user melakukan akses internet maka proxy sebagai perantara yang menyampaikan request dari user tersebut ke internet atau sebaliknya. Di sini user tidak langsung berhubungan dengan internet tetapi dengan menggunakan perantara proxy server user bisa terhubung dengan akses internet.
Apa keuntungannya?
Proxy mempunyai banyak peran di sini, tanpa proxy adminstrator akan sulit mengelola jaringan di sini, dan pasti permasalahan pasti akan banyak timbul, seperti load internet yang besar karena bandwith yang tidak dibatasi, pembagian bandwith yang tidak adil, banyaknya konten-konten tidak penting yang diakses user, dll.
Di sini proxy mengatasi masalah tersebut, karena fungsi utama proxy yaitu melakukan proses sharing, caching, filtering, sehingga penggunaan internet dapat terkelola dengan baik.
• Sharing
Dimana semua user bisa bersama-sama saling terhubung ke proxy server dan dapat melakukan akses internet secara bersamaan melalui proxy server.
Caching
Semua request yang diminta user dapat disimpan dalam jangka waktu yang cukup lama oleh proxy server dalam cache proxy, sehingga apabila user ingin mengakses situs atau konten yang sama, proxy tidak perlu lagi menghubungi alamat yang menyediakan konten tersebut, jadi user dapat mengakses konten tersebut dari cache yang disimpan proxy.
    Contoh:
    Hari pertama user pertama kali membuka www.google.co.id, kemudian proxy menghubungi server yang bersangkutan untuk meminta data www.google.co.id, setelah dapat request yang diminta disampaikan ke user dan proxy menyimpan data tersebut kedalam cache proxy. Dihari kedua user yang berbeda ingin mengakses alamat yang sama, karena proxy mengetahui alamat yang diminta ada di dalam cache, jadi proxy memberikan alamat tersebut tanpa harus menghubungi server yang bersangkutan.
Filtering
Proxy dapat diatur agar dapat melakukan penyaringan terhadap konten-konten yang tidak diinginkan seperti por*o, judi, sara, pishing, konten-konten yang memakai bandwith besar, dll. Sehingga semua user tidak dapat mengakses konten-konten tersebut.
Fungsi lain proxy server yaitu dapat menentukan user mana saja yang bisa mengakses internet, membagi dan membatasi bandwith para user, membatasi download, melakukan pengaturan untuk akses-akses situs tertentu pada jam waktu yang diinginkan. :) Hebat kan?
Hal ini mempermudah pekerjaan adminsrator jaringan, karena di sini peran adminstrator jaringan hanya terpusat di proxy server. Sehingga administartor hanya perlu melakukan monitoring penggunaan proxy dan melakukan troubleshoot apabila service proxy down atau bermasalah.
Implementasi Proxy
Penggunaan proxy yaitu dengan menggunakan suatu PC server yang telah diinstall Sistem Operasi dan aplikasi proxy, seperti MS Proxy Server, WinGate pada Sistem Operasi Windows Server. Dan Squid, OOPS, Privoxy, Paco pada Sistem Operasi Linux Server. Kemudian proxy server tersebut  dihubungkan dengan jaringan lokal dan internet.

Gambar di atas menjelaskan hubungan proxy server dengan jaringan lokal pada ethernet 1 (eth1) ip address 192.168.1.1 dan hubungan antara  ethernet 0 (eth0) ip address 82.12.20.42 dengan internet.
Cara Kerja
Pada saat user/client dari jaringan lokal (192.168.1.3) mengakses internet (www.facebook.com) lewat browser maka PC client tersebut akan menghubungi proxy server melalui eth1 (192.168.1.2) kemudian proxy server meneruskan request tersebut melalui eth0 (82.12.20.42), kemudian diteruskan ke alamat server yang direquest user, setelah mendapat respon balik ke proxy server akan diteruskan kembali ke user. Dan terbukalah tampilan www.facebook.com pada browser user.
Kemudian agar user dapat menggunakan proxy server maka dilakukan beberapa pengaturan pada aplikasi yang dipakai user, misalnya pada browser Mozilla Firefox pengaturan ada di Tools – Options – Advanced – Network – Settings, kemudian pilih Manual proxy configuration, dan isi IP proxy yang dipakai dan port yang digunakan.

Pengaturan tersebut juga dilakukan pada aplikasi-aplikasi yang mmbutuhkan koneksi internet, misal Internet download manager, Yahoo messanger, Antivirus untuk melakukan update online, dll.

Comments